Jelang Wukuf di Arafah, Ketua DPKN: Jamaah Haji Perbanyak Istirahat dan Kurangi Aktivitas

Publisher:

MAKKAH, Pos Liputan – Untuk persiapan pelaksanaan ibadah haji, para jamaah memerlukan sejumlah persiapan terutama kesehatan dan fisik. Sebab jamaah haji akan segera memasuki fase puncak haji wukuf di Arafah akan berlangsung pada Jumat (8/7/2022) mendatang.

Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) yang juga Dirjen Dukcapil Kemdagri Prof. Zudan Arif Fakrulloh bersama Sekjen Kementrian Agama Prof. Nizar Ali mengunjungi jamaah haji yang lagi menjalani perawatan di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Makkah.

Dalam kunjungannya pada Selasa (5/7), Prof. Zudan Arif Fakrulloh mendoakan kesembuhan para jamaah yang sedang sakit sehingga dapat melanjutkan prosesi ibadah haji khususnya wukuf di Arafah.

“kondisi cuaca di Arab Saudi saat ini sangat panas. Selain itu kelembaban udara juga sangat rendah,” katanya.

Lanjutnya, kepada jamaah haji utamanya yang berisiko tinggi (Risti), kata Zudan, suhu yang tinggi dengan kelembaban rendah merupakan kondisi ekstrim yang sering menjadikan orang tidak sadar dirinya mengalami kekurangan cairan.

“Karena suhu tinggi dan kelembaban rendah kita kerap tidak sadar sudah kekurangan cairan. Maka saya sarankan minum air tidak menunggu haus,” harapnya.

Zudan menambahkan, para jamaah haji Indonesia agar dapat beribadah dalam kondisi kesehatan yang terbaik. Untuk itu para jamaah perlu menghemat energinya untuk persiapan aktivitas ibadahnya di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

“Agar tidak lelah dan stres dan dapat memicu kekambuhan penyakit, maka cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan istirahat dari beraktifitas di luar hotel untuk persiapan menghadapi Armuzna,” imbuh Zudan. (**)

Editor: Jumardi
Baca berita Pos Liputan di:
|

Komentar