Sikapi Cuaca Ekstrim, Tim SAR Brimob Bone Pantau Daerah Rawan Banjir

Publisher:

BONE, Pos Liputan –¬†Peringatan dini terkait cuaca ekstrim dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah Makassar.

Dalam rilisnya BMKG memperkirakan cuaca ekstrim berupa hujan lebat disertai angin kencang akan melanda sebagian besar wilayah Sulsel periode 12-16 Februari 2023.

Di Kabupaten Bone, hujan lebat telah terjadi sejak dini hari tadi, Senin (13/02/2023). Menyikapi hal tersebut tim SAR Batalyon C Pelopor menggelar patroli pemantauan daerah rawan banjir di sejumlah wilayah.

Adapun lokasi yang disambangi meliputi Kelurahan Biru Kec. Tanete Riattang, Kelurahan Apala dan Desa Parippung Kec. Barebbo serta Desa Walenreng Kec. Cina.

Hal ini dibenarkan Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Kompol Nur Ichsan, S.Sos., M.Si siang tadi. Dikatakannya, untuk mengantisipasi dampak dari bencana banjir, Tim SAR dikerahkan untuk memantau langsung debit air di sejumlah lokasi di Kab. Bone.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Basarnas dan BPBD Kabupaten Bone terkait pelibatan personel apabila ada tugas operasi SAR,” lanjutnya.

Lanjut kata Ichsan, siaga SAR Batalyon C Pelopor juga memantau langsung wilayah back up lainnya meliputi Kab. Soppeng, Sinjai, Wajo, Bulukumba dan Selayar.

“Alhamdulillah sampai saat ini seluruh wilayah back up Batalyon C Pelopor masih terpantau aman, belum ada laporan atau informasi terkait banjir atau genangan air yang cukup besar yang membutuhkan evakuasi terhadap warga,” imbuhnya.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang bermukim di sekitar daerah rawan banjir untuk waspada, hindari berada di sekitar aliran sungai utamanya anak-anak dan lansia, serta segera laporkan kepada kami manakala debit air meningkat,” pungkas mantan Kasubbag Renmin Satbrimob Polda Sulsel ini.

Komentar