Unik, Ini yang Dilakukan Rutan Sinjai Terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan

Publisher:

SINJAI, Pos Liputan – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sinjai melaksanakan giat budi daya sayuran di area brandgang Rutan Kelas IIB Sinjai, Senin (09/01/2023).

Budi daya merupakan usaha yang bermanfaat dan memberi hasil, termasuk budidaya sayuran. Untuk mengoptimalkan lahan yang dimiliki, Rutan Kelas IIB Sinjai memanfaatkan area brandgang sebagai tempat menanam sayuran.

Kegiatan ini rutin dilakukan pada pagi hari ataupun sore hari 1 hingga 2 kali seminggu. Giat ini diikuti oleh beberapa Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kelas IIB Sinjai dan Pegawai Rutan Kelas IIB Sinjai yang mengawal atau mengawasi berjalannya kegiatan.

Kegiatan ini biasanya berupa penyiraman, pemupukan, pencabutan gulma, dan lain sebagainya. Untuk hari ini, giat yang dilakukan adalah pencabutan gulma dan pemupukan.

Salah satu Warga Binaan Pemasyarakatan yang berinisial T mengatakan bahwa sangat antusias mengikuti giat ini.

“Kami senang mengikuti kegiatan ini. Karena pekerjaan kami sebelumnya memang bercocok tanam, sehingga aneh rasanya jika tidak bersentuhan dengan tanah ataupun tanaman,” ucapnya.

Selain itu, Pegawai Rutan Kelas IIB Sinjai mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

“Kegiatan ini rutin kami lakukan 1 atau 2 kali dalam seminggu. Berhubung hari ini hujan, saya berinisiatif untuk melakukan pencabutan gulma dan pemupukan bersama dengan Warga Binaan. Tujuannya agar tanaman tumbuh optimal dan dapat dipanen pada waktu yang tepat,” ucap Ahmad.

Karutan Sinjai juga mengapresiasi kegiatan ini karena bernilai positif bagi Rutan Kelas IIB Sinjai maupun bagi Warga Binaan Pemasyarakatan.

“Tentunya kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena hasil panennya merupakan bahan pasokan dapur di Rutan Kelas IIB Sinjai. Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan pada Warga Binaan Pemasyarakatan,” ucap Muhammad Ishak.

Komentar