UPT SDN Kalukuang IV Makassar Buat Green House Persiapan Adiwiyata Provinsi SulSel

Publisher:

MAKASSAR, Pos Liputan – Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Satuan Pendidikan Formal (SPF) SDN Kalukuang IV di Jalan Andi Tadde Nomor 86 Kelurahan Kalukuang Kecamatan Tallo Kota Makassar membuat Green House dalam rangka adiwiyata tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (27/8/20220).

Jumiati, Guru SDN Kalukuang IV mengatakan bahwa Kegiatan kali ini dilakukan dengan membenahi green house dan melakukan pembibitan tanaman yang dapat bermanfaat ketika sudah besar nantinya dan dijadikan sebagai rutinitas setiap pekannya sehingga program Pemerintah Kota Makassar dalam pemanfaatan green house di Setiap Sekolah.

Sampai saat ini, seluruh stokeholder sekolah sedang bekerja keras. Mulai dari tim adiwiyata, guru, siswa, orang tua dan komite ikut berperan mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan.

“Saya berharap pihak sekolah untuk dapat mengajak dan menanamkan kepada seluruh warga sekolah agar terlibat dan lebih peduli terhadap lingkungan. Kepedulian warga sekolah ini menjadi karakter yang dapat diterapkan pada diri sendiri, keluarga dan lingkungan. Apalagi siswa sudah menjadikan sampah sebagai objek pelajaran dengan memisahkan sampah organik dan non organik,” ujarnya.

Selain itu, sekolah sudah menyediakan sarana prasarana (Sapras) yang telah memenuhi standar kebersihan bagi peserta didik.

“Fasilitas pendukung lain dalam upaya perlindungan lingkungan yakni berupa pembuatan penyediaan sapras kesehatan. Seperti ketersediaan wc dan fasilitas cuci tangan yang memenuhi standar untuk perlindungan lingkungan berupa pembuatan biopori, green house dan penanaman pohon,” pungkas Jumiati.

Saat ini pihak sekolah SDN Kalukuang IV sedang melakukan berbagai pembenahan lingkungan sekolah. Seperti dengan melengkapi komponen yang menjadi indikator penilaian adiwiyata. Contohnya dengan pembuatan kompos, bank sampah, tanaman obat keluarga, tanaman buah, kebersihan lingkungan dan penambahan pohon pelindung.

“Semoga Penghargaan Adiwiyata Tingkat Kota Makassar bisa dipertahankan dan menuju ke tingkat Adiwiyata Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan bisa dicapai dengan kerjasama dan kekompakan Bersama,” harapnya.

Penulis: JumardiEditor: Andi
Baca berita Pos Liputan di:
|

Komentar