Antisipasi Terjadinya Bencana Alam, Brimob Bone Laksanakan Ini

Publisher:

WATAMPONE, Pos Liputan – Saat ini, di wilayah Indonesia khususnya di propinsi Sulawesi Selatan sudah memasuki musim penghujan, bahkan di beberapa daerah karena tingginya curah hujan sudah dilanda bencana banjir.

Menyikapi hal tersebut, jajaran Korps Brimob Polda Sulawesi Selatan, serentak melaksanakan apel gelar pasukan dan peralatan sebagai bentuk kesiapan tanggap bencana sesuai Nota Dinas Karo Ops Polda Sulsel tanggal 21 Oktober 2022 tentang pelaksanaan apel kesiapsiagaan personel dan peralatan SAR. Hari ini, Selasa (25/10/2022).

Demikian juga di Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel, menggelar apel kesiapan personel dan peralatan SAR yang dimiliki termasuk kendaraan operasional.

Hal ini dibenarkan oleh Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, S.Sos., M.Si. Dikatakannya bahwa untuk merespon kejadian yang bersifat kontijensi khususnya bencana alam, peralatan SAR dan kelengkapan pendukung lainnya harus senantiasa siap operasional.

“Jadi bukan hanya banjir termasuk bencana alam lain harus diantisipasi juga, salah satunya tanah longsor maupun angin puting beliung yang berpotensi terjadi di wilayah back up Batalyon C Pelopor,” lanjutnya.

Danyon Ichsan juga menambahkan, bahwa untuk penugasan SAR atau tugas kemanusiaan, diminta atau tidak diminta oleh Satuan Kewilayahan (Satwil), Brimob harus secepatnya hadir di tengah masyarakat.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut selain menggelar apel kesiapan kami juga menyiagakan tim SAR Brimob 1×24 jam, untuk itu kami imbau kepada warga masyarakat untuk tetap waspada dan jangan ragu untuk melapor kepada kami apabila terjadi musibah atau bencana, Insya Alloh kami akan segera tindak lanjuti,” tandas mantan Kasubbag Renmin Sat Brimob Polda Sulsel.

Dalam apel gelar ini turut digelar sarana pendukung lainnya yang meliputi dapur lapangan, tenda lapangan, drone dan sarana komunikasi lainnya.

Penulis: Andika
Baca berita Pos Liputan di:
|

Komentar