Pemuda Timor Leste Cerita Tentang Indonesia Sampai Ucap Rasa Syukur

Publisher:

Pos Liputan – Melalui tayangan YouTube Najwa Shihab yang diberi judul 20 Tahun Timor Leste: Cerita Setelah Merdeka yang tayang pada hari Rabu (20/7/2022), pemuda Timor Leste membagikan pandangan mereka tentang Indonesia.

Sebagaimana diketahui bahwa Timor Timur pernah menjadi provinsi ke-27 di Indonesia sebelum memilih merdeka dan menjadi negara Timor Leste.

Menjadi negara termuda di dunia dan pernah menjadi bagian dari Indonesia, Timor Leste tentu memiliki banyak cerita yang melekat di setiap warganya tentang Negara Indonesia.

Sebagaimana yang diceritakan Natly Ornai, Mahasiswi kebidanan Universitas Nasional Timor Lorosae (UNTL), menceritakan kisah saat Indonesia ingin membebaskan Timor Timur sebagai negara merdeka.

Dirinya menceritakan hal positif yang dirasakan warga Timor Timur selama masih menjadi bagian dari Indonesia.

“Kalau Indonesia menjajah Timor Leste itu diharuskan sekolah, jadi itu positif banget, sekolahnya harus SD sampai SMA,” kenangnya.

“Jadi pandangan saya ke belakang itu, saya bersyukur banget bisa dijajah oleh negara yang bisa memberikan kesempatan untuk sekolah,” lanjutnya.

Tidak hanya sampai disitu, Natly juga membandingkan perjalanan Timor Leste saat masih menjadi bagian dari Indonesia dengan kisah Timor Leste saat dijajah Portugis.

“Kalau seperti Portugis kan, Oke kamu sekolahnya sampai dengan kelas 3 kalau Indonesia kan sekolahnya harus sampai SMA,” katanya.

Pemuda yang lainnya, Celestino Marques menceritakan keinginannya berkuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Celestino mengatakan bahwa banyak pemuda Timor Leste yang melanjutkan pendidikannya di Indonesia.

“Sampai sekarang banyak juga pemuda pemuda Timor Leste yang sekolah di sana (Indonesia), tinggal di sana,” ucapnya.

“Penginnya lanjut sampai universitas di sana, mimpinya pengin masuk UGM,” terangnya menjawab pertanyaan yang diajukan Najwa Shihab.

Komentar

Lainnnya