Perbaikan Jalan yang Dinantikan Bertahun, Akhirnya Dikerjakan TMMD Regtas Ke-114 Kodim 1206/PSB

Publisher:

KALBAR, Pos Liputan – Kodim 1206/Putussibau gelar upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Regtas Ke-114, di Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (26/7/2022).

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan,SH saat memukul gong tanda dimulainya kegiatan TMMD Regtas ke-114 Kodim 1206/PSB. Dari mulai 26 Juli hingga 24 Agustus 2022.

Desa Bahenap, Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat menjadi sasaran kegiatan dari TMMD tersebut.

Warga Bahenap Kecamatan Kalis sudah mulai lega saat Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan,SH memukul gong pertanda telah dimulai kegiatan TMMD Regtas Ke-114 di Desa mereka.

Warga Desa Bahenap yang mengikuti kegiatan upacara pembukaan TMMD begitu senang dan terharu karena penantian panjang untuk membuka akses jalan yang selama ini ditunggu tunggunya.

Desa Bahenap merupakan salah satu desa yang berada di Ujung Kecamatan Kalis, untuk menuju desa tersebut harus melewati Desa Kensurai, dan melewati jembatan gantung. Desa Bahenap beberapa tahun lalu sempat viral bahwa, warga yang sakit mau berobat harus ditandu untuk menuju Puskesmas. Saat ini mulai lega karena telah di mulainya pekerjaan pembuatan jalan melalui program TMMD.

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, terharu seraya mengucapkan terima kasih kepada segenap TNI khususnya Kodim 1206/Kapuas Hulu.

“Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada TNI yang telah menetapkan kabupaten Kapuas Hulu untuk kegiatan TMMD tahun ini,” ungkap Fransiskus Diaan

Diaan sapaannya, Bupati Kapuas Hulu menjelaskan, diketahui bahwa program TMMD adalah sebagai upaya untuk memperdayakan masyarakat desa dengan membangun dan merehabilitasi sarana prasarana wilayah dan fasilitas sosial dan umum yang menyentuh kepentingan masyarakat setempat.

“Selain itu untuk mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,” bebernya.

Menjadi harapan bersama, momentum kegiatan TMMD Regtas ke-114 Kodim 1206/Psb tahun 2022 ini, Diaan katakan, dapat mengangkat dan melestarikan kembali budaya serta semangat gotong royong yang merupakan warisan leluhur nenek moyang kita.

Untuk itu dirinya mengimbau kepada semua untuk berperan aktif mendukung program dan kegiatan TMMD Regtas ke 114 Kodim 1206/Psb, dan mari kita senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan serta memperkokoh integritas sosial bangsa di dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Mari bersatu padu berbuat lebih banyak lagi bagi kemajuan pembangunan bangsa khususnya pembangunan di daerah kabupaten Kapuas Hulu,” jelas Bupati Kapuas Hulu.

Kepala desa Bahenap Ermius Edi, S.Pd mengatakan, untuk membuka akses jalan desa yang ia pimpin perlu perjuangan, karena penantian yang panjang baru kali ini dapat terealisasi melalui kegiatan TMMD.

“Hal ini menjadikan kebanggaan tersendiri bagi warga kami,” ungkap Kepala Desa Baherap.

Lanjutnya, kata dia, pembangunan melalui program TMMD menjadikan kami lebih bersemangat, bisa bersinergi dengan TNI dan yang penting bisa membangkitkan semangat gotong royong.

“Kegiatan TMMD tidak hanya membangun sarana fisik tetapi juga memberikan beberapa kegiatan kepada masyarakat kami,” paparnya.

Iapun merasa senang dan bangga tidak hanya dirinya selaku kepala desa, tetapi juga masyarakat. Terlihat dari antusias warga menyambut TMMD di desa tersebut.

“Coba bayangkan desa kami sempat viral di medsos beberapa tahun lalu, gara gara ada warga kami yang sakit pergi mau berobat harus ditandu menuju ke Puskesmas karena akses jalan tidak bisa dilalui,” ceritanya.

Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan TMMD semua sudah terjawab apa yang dahulu menjadi harapan, impian semua warga desa Bahenap, perekonomian dan pendidikan akan lancar. Karena akses jalan sudah bagus maka ekonomi warga semakin baik dan mereka mampu membiayai anaknya untuk sekolah,” jelasnya

TMMD ke 114 tahun 2022 dipusatkan di desa Bahenap kecamatan Kalis, dengan sasaran fisik yaitu pembersihan dan pengupasan badan jalan dari dusun Sepan Padang menuju Dusun Bahenap desa Bahenap Kecamatan Kalis sepanjang 5 km dan lebar 6 meter, pembuatan jembatan 20 unit, disamping itu juga ada sasaran non fisik yaitu sosialisasi desa tangkal Covid -19, penyuluhan Wawasan Kebangsaan, penyuluhan Kamtibmas, penyuluhan Karhutla, werfing TNI , bahaya narkoba dan penyuluhan Stunting.

Penulis: Jumardi
Baca berita Pos Liputan di:
|

Komentar