Wujudkan Ibu Hamil Sehat, UPTD Puskesmas Bulupoddo Ikut Lakukan Giat Deklarasi Ini

Publisher:

SINJAI, Pos Liputan – UPTD Puskesmas Bulupoddo ikut ambil bagian dalam giat nasional serentak gerakan Deklarasi ibu hamil sehat.

Kegiatan ini dilangsungkan Puskesmas Bulupoddo bersama unsur Kecamatan, Tim PKK Pokja IV, Tim pendamping keluarga serta ibu Hamil se-kecamatan Bulupoddo di Aula Puskesmas, Kamis (22/12/22).

Kegiatan ini merupakan program rutin yang dilaksanakan petugas khusunya bidan di setiap bulannya di 36 dusun yang ada di wilayah kerja Puskesmas Bulupoddo, Kabupaten Sinjai.

Camat Bulupoddo, Syahrul Paesa yang juga hadir di tempat itu menyampaikan bahwa untuk mencegah terjadinya stunting pada balita maka dimulai dari kondisi ibu hamil yang sehat.

“Oleh karenanya, ibu hamil dapat memperhatikan setiap asupan yang dikonsumsi selama masa kehamilan,” katanya.

Selain itu, Kepala UPTD Puskesmas Bulupoddo, A.Srihartiarfat menerangkan, untuk menekan terjadinya stunting diperlukan langkah-langkah mendasar yang harus diperhatikan setiap Ibu hamil.

“Pemeriksaan kehamilan minimal 6 kali dan 2 kali diantaranya pemeriksaan USG oleh dokter, mengikuti kelas ibu hamil minimal 4 kali, konsumsi tablet tambah darah, serta melakukan persalinan di fasyankes,” katanya.

Peran keluarga dalam pendampingan ibu hamil juga menjadi hal yang sangat penting tambah A.Srihartiarfat dalam arahannya.

Usai memberikan arahan, A.Srihartiarfat, di kesempatan itu juga dilakukan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya pemeriksaan dengan USG dan konsultasi dokter terkait keluhan-keluhan ibu hamil yang di dapat selama proses kehamilan.

Komentar