Hadapi Musim Penghujan, Rutan Sinjai Lakukan Bersih-Bersih Saluran Air

Publisher:

SINJAI, Pos Liputan – Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sinjai melakukan pembersihan saluran air untuk menghadapi musim penghujan, Kamis (12/01/2023).

Saluran air adalah saluran yang dibangun untuk mengalirkan air yang berasal dari air buangan limbah, dapur, atau limpasan air hujan.

Saluran yang dibersihkan adalah saluran yang berada di depan Rutan Kelas IIB Sinjai hingga saluran pemukiman yang berada pada sekitar Rutan Kelas IIB Sinjai.

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada saluran air yang dapat menyebabkan banjir di sekitar Rutan Kelas IIB Sinjai. Kegiatan ini dipantau langsung oleh Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sinjai beserta Petugas Rutan Kelas IIB Sinjai.

Kegiatan pembersihan saluran air ini juga merupakan salah satu wujud kegiatan bakti kepada masyarakat, sebagai salah satu bagian dari kegiatan asimilasi. Masyarakat sendiri sangat terbantu dengan yang dilakukan warga binaan tersebut. Aji Kala, salah satu warga yang turut dibersihkan saluran airnya mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih dengan kegiatan yang dilakukan oleh warga binaan Rutan Kelas IIB Sinjai.

Walaupun tujuannya untuk mengalirkan air limbah dari Rutan keluar, namun karena saluran pembuangan air dari rutan juga mengalir di depan rumahnya sehingga dia merasa sangat terbantu dengan kegiatan tersebut.

Selain itu, salah satu staf dari Universitas Muhammadiyah Sinjai yang tidak mau disebutkan namanya, juga merasa sangat terbantu dengan kegiatan pembersihan ini, bahkan staf pengajar tersebut juga ikut membantu menarik ban yang diikat tali melewati gorong-gorong dengan mobilnya agar sampah dan lumpur yang mengendap di bawah dapat diangkut keluar dan tidak menyumbat saluran air.

Kepala Rutan Kelas IIB Sinjai mengungkapkan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk menghadapi musim penghujan dan menindaklanjuti laporan tersumbatnya saluran air yang berada di Rutan Kelas IIB Sinjai.

“Hal ini kami lakukan dengan tujuan untuk menghadapi musim penghujan yang akan datang, dilain sisi juga menindaklanjuti laporan saluran air yang tersumbat,” ucap Muhammad Ishak.

Komentar