Memiliki Ciri Budaya Lokal Masyarakat Sulsel, Masjid Megah Milik UIN Alauddin Jadi Tempat Wisata Religi

Publisher:

GOWA, Pos Liputan – Masjid Agung Sultan Alauddin kampus II Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar yang terletak di Jalan Yasin Limpo, Kelurahan Romang Polong, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa selalu ramai difungsikan oleh mahasiswa untuk kegiatan keagamaan.

Masjid yang diresmikan pada tanggal 9 Juni 2021 tersebut memiliki bentuk yang megah. Tidak hanya kental dengan nuansa Islam dan modern, bangunan ini juga terlihat memiliki ciri budaya lokal masyarakat Sulawesi Selatan.

Masjid yang memiliki desain arsitektur yang sangat unik ini, jika dilihat dari atapnya jauh berbeda dengan bangunan masjid pada umumnya. Keindahan arsitektur bangunan itu sangat bagus dipandang.

Hal senada juga disampaikan oleh salah salah satu mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Alauddin, krisda Ekawati yang mengagumi kemegahan Masjid Sultan Alauddin.

“Awalnya saya mengira bangunan tersebut adalah pusat seni, karena arsitekturnya yang unik untuk sebuah mesjid,” tuturnya.

Masjid yang megah ini tidak hanya difungsikan sebagai kegiatan beribadah, tetapi juga sebagai laboratorium dakwah, sarana belajar mengajar dan sebagai pusat kajian keislaman, bahkan juga sebagai salah satu destinasi wisata religi di Sulawesi Selatan.

Ciri khas inilah yang dijadikan sebagai daya tarik oleh kampus II uin Alauddin untuk menjadikan masjid agung sultan Alauddin sebagai wisata spiritual karena menjadi salah satu masjid terbesar di Sulawesi selatan.

Komentar