Polres Mimika Ungkap Pelaku Spesialis Pencuri Barang Dalam Jok Motor dan Mobil

Publisher:

MIMIKA, Pos Liputan – Satuan Reskrim Polres Mimika berhasil menangkap seorang spesialis pencuri barang dalam jok motor dan di dalam mobil berinisial AA alias LA. Pelaku diringkus tim Opsnal Satuan Reskrim Polres Mimika saat beraksi di Pasar Lama Timika, 5 Juli 2022.

Kapolres Mimika Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) I Gede Putra didampingi Wakapolres Kompol Praja Gandha Wiratama dan Kasat Satreskrim Iptu Bertu Haridyka Eka Anwar, merilis pengungkapan kasus spesialis pencurian di Mapolres Mimika, Senin (11/7/2022).

Kapolres mengatakan bahwa pelaku AA alias LA sudah ditetapkan sebagai tersangka, saat melakukan aksinya pelaku AA ditemani beberapa rekannya yang kini sudah ditetapkan sebagai DPO dan dalam pencarian.

“Kami baru mengamankan satu pelaku, dua orang lainnya sudah menjadi DPO dan sekarang dalam pencarian oleh anggota,” kata AKBP I Gede Putra.

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, pelaku dan beberapa rekannya dalam melakukan aksinya memiliki perang masing-masing. Ada yang husus sebagai pemantau situasi, sebagai pengalihan dan ada eksekutor.

“Jadi mereka ini memiliki perannya masing-masing ada yang memantau situasi, ada yang mengajak korban komunikasi agar korban lengah, dan ada yang bertindak sebagai eksekutor mengambil barang berharga milik korban dalam jok motor maupun dalam mobil,” ucap Kapolres Mimika.

I Gede menambahkan, kata dia, sebelum menjalankan aksinya, korban sudah diintai oleh para pelaku misalnya dari ATM maupun bank setelah mengambil uang.

Dari hasil pemeriksaan oleh penyidik diketahui pelaku sudah beraksi sebanyak tujuh kali dengan jumlah laporan polisi ada tiga dan satu pengaduan.

Kerugian yang dialami korba bervariasi dari puluhan juta hingga ratusan juta rupiah begitu juga barang berharga lainnya seperti handphone hingga dompet korban kata IGede.

Bahkan, menurut IGede, isi rekening korban ikut dikuras oleh pelaku melalui kartu ATM yang dicuri, yakni pelaku mencoba gunakan PIN tanggal lahir korban dan berhasil.

“Si korban tidak tahu pada saat pelaku melakukan eksekusi. Korban baru tersadar ketika dirinya sudah sampai di rumahnya,” ungkap AKBP I Gede Putra.

Saat Polres Mimika melakukan pres rilis, pelaku AA sempat mempraktekan cara mengeksekusi barang berharga korban dari dalam jok motor. Tidak sampai hitungan menit, tersangka berhasil menguasai barang berharga maupun uang milik korban dari dalam jok motor tanpa harus membuka jok bahkan tanpa ada kerusakan.

Atas perbuatannya, tersangka AA alias AL dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) dan Pasal 65 KUHP yang ancaman hukuman pidana penjara 7 tahun.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat tim kami bisa mengamankan dua orang yang masih DPO ini,” harap Kapolres Mimika.

Penulis: Jumardi
Baca berita Pos Liputan di:
|

Komentar