Jadi Pembicara di Camp Pecinta Alam Polbangtan Gowa, Ketua HPI Sebut Pentingnya Jaga Lingkungan

Publisher:

BONE, Pos Liputan – Pengurus Gerakan Mahasiswa Pecinta Alam (GERMAPALA) Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Peternakan Polbangtan Gowa menggelar diskusi camp di Desa Lakukang, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone yang berlangsung pada Kamis (22/12/2022) malam.

Dengan mengangkat tema “Konsep Sikapatau, Sipakainge, dan Sipakalebbi Masyarakat Bugis dalam Menjaga Alam dan Lingkungan Bermasyarakat” menghadirkan Ketua Himaprodi Hukum Pidana Islam (HPI) IAIM Sinjai, Fauzan sebagai narasumber yang dipandu oleh moderator Bella Febriani.

Beberapa hal yang dibahas dalam diskusi ini adalah peran fundamental individu untuk menjaga alam, serta aspek penting yang harus ditanamkan pada pemuda khususnya dan pada masyarakat umumnya.

“Konsep Sipakatau merupakan cara kita untuk memanusiakan manusia yang terlebih dahulu kita harus bisa memanusiakan diri kita, sedangkan Sipakalebbi adalah bagaimana kita bisa saling menghormati, hormati yang tua, cintai yang muda. Terlebih persoalan adat dan hukum yang ada di negara kita. Hukum memang harus ditegakkan, tapi adat istiadat tidak boleh terlupakan,” jelas Fauzan.

Lanjut Fauzan, Sipakainge, saling mengingatkan, kaitannya dengan alam itu kita perlu saling mengingatkan apabila ada yang mencoba untuk merusak alam.

“Perlu kita ingatkan akan dampaknya, kita bisa ambil contoh cara para leluhur yang mengkeramatkan suatu tempat agar alam bisa tetap terjaga,” sambungnya.

Kegiatan tersebut juga mendapat apresiasi dari warga setempat.

Komentar