Mewakili Emak-emak, Mulan Jameela Kritik Kompor Listrik: Tidak Cocok Untuk Masakan Indonesia

Publisher:

JAKARTA, Pos Liputan – Istri Ahmad Dhani yang juga merupakan anggota DPR RI komisi VII, Mulan Jameela menyoroti rencana pemerintah melakukan konversi kompor gas ke kompor listrik harus dikaji ulang.

Mulan Jameela mengatakan kompor listrik belum tentu cocok digunakan di Indonesia. Pasalnya, menurut Mulan kompor listrik tak cocok jika digunakan untuk memasak masakan lokal Indonesia.

Mulan mengaku meski di rumahnya sudah ada kompor listrik namun, tetap belum bisa lepas dari kompor gas.

“Ini saya jujur ya, kapasitas saya sebagai anggota dewan dan sebagai emak-emak. Kami di rumah saja punya kompor listrik tetap tak bisa lepas dari yang gas karena masakan Indonesia ya beda bukan masakan orang bule yang pancinya ya seukuran begitu saja,” jelas Mulan Jameela sebagaimana dikutip channel YouTube Komisi VII DPR RI, Jumat (24/9/2022).

Selain itu, Mulan khawatir jika penggunaan kompor listrik ini akan berdampak pada tagihan listrik yang akan membludak.

“Masyarakat yang kekurangan daya listriknya kan 450 VA, ini kebutuhannya 1.200-1.800 watt,” terang Mulan

Dia bahkan menceritakan pengalamannya saat menggunakan kompor listrik, menurutnya malah tidak kuat karena listrik tidak stabil, akhirnya kompor listriknya itu rusak.

“Jadi saya juga ada pengalaman ini saya punya rumah di Cisarua. Saya punya kompor listrik di sana, karena listrik nggak stabil kayak di kota itu kompornya rusak. Padahal, nggak diapa-apain cuma karena listrik nggak stabil,” kata Mulan.

Sebelumnya, Dadan Kusdiana, Plt Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM mengatakan bahwa pihaknya sedang melakukan uji coba konversi LPG 3 kg ke kompor listrik di tiga kota, yakni Denpasar, Solo, dan salah satu kota di Sumatera.

Karena itu, di tahun ini pemerintah akan membagikan kompor listrik kepada 300 ribu rumah tangga miskin yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Penulis: Andika
Baca berita Pos Liputan di:
|

Komentar