Usai Pegunungan Menghijau, Kini Arab Saudi Tiba-tiba Punya Danau

Publisher:

JAKARTA, Pos Liputan – Belakangan ini Arab Saudi mengalami beberapa fenomena alam yang berbeda dari biasanya.

Sebelumnya, pegunungan di Arab Saudi yang tandus dan kering kini hijau ditumbuhi rerumputan.

Kali ini, sejumlah danau dan sungai muncul secara dadakan. Hal tersebut terjadi setelah Arab Saudi diguyur hujan yang cukup deras yang berlangsung cukup lama. Padahal area tersebut merupakan wilayah tandus.

Kemunculan danau tersebut dimanfaatkan oleh banyak warga berbondong-bondong ke tempat tersebut untuk berpiknik dan bersenang-senang.

Video yang beredar di lini masa Twitter memperlihatkan ukuran danau tersebut terbilang luas, sehingga dimanfaatkan warga untuk bersenang-senang bermain jet ski.

Beberapa penunggang kuda juga terlihat, adapula yang tampak bermain layang-layang dan bahkan ratusan pengendara sesaki pinggir jalan di dekat danau tersebut.

Kemunculan danau di Wadi al-Rummah ini sebenarnya bukan fenomena yang pertama kali di Arab Saudi. Meski begitu, fenomena kemunculan danau ini hanya terjadi tiga kali setiap 100 tahun.

Berdasarkan studi geologi yang mengungkap kejadian serupa yakni di era 1900-an pada tahun 1945, 1982, 1987. Kemudian lembah sungai Wadi dipenuhi air juga terjadi pada era 2000-an tepatnya pada 2004, 2008, dan 2018.

Komentar